suntikan hormon steroid ganggu kesuburan

isu penyalahgunaan hormon steorid memang sudah lama beredar, bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara lain termasuk Amerika. Bedanya, di negara maju, masyarakat semakin mengerti dan semakin berhati-hati menghadapi penyalahgunaan hormon ini.

isu penyalahgunaan hormon steorid memang sudah lama beredar, bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di negara lain termasuk Amerika. Bedanya, di negara maju, masyarakat semakin mengerti dan semakin berhati-hati menghadapi penyalahgunaan hormon ini. Di sisi lain, peraturan negaranya sangat ketat dan benar dilaksanakan.

Sebaliknya, di negara kita, masyarakat tidak mengerti sehingga mudah dijadikan sasaran penjualan ilegal obat hormon. Kita juga punya peraturan penggunaan obat, tetapi seperti biasa, peraturan cuma sebatas kalimat di atas kertas. Pelanggaran terhadap peraturan terjadi kasat mata dan dibiarkan saja.

Bukan isu lama kalau di beberapa tempat fitnes terjadi penjualan hormon steorid yang ditujukan untuk merangsang pertumbuhan otot. Beberapa pasien saya menunjukkan obat suntik hormon testosteron yang katanya dibeli di tempat fitnes.

Seperti laporan Anda di atas, dia juga dianjurkan menggunakan suntikan itu dua kali seminggu. Tentu saja penggunaan hormon testosteron tanpa indikasi yang benar, tanpa pemeriksaan, dan tanpa mengikuti prosedur yang benar adalah sebuah penyalahgunaan. Setiap penyalahgunaan obat dapat menimbulkan efek samping bahkan penyulit yang berakibat buruk.

Kalau Anda mengalami perkembangan otot yang baik, tentu hormon testosteron yang Anda gunakan dua kali seminggu. Tentu harus diperhatikan kemungkinan efek samping yang muncul, yang mungkin tidak Anda sadari.

Penyalahgunaan testosteron dapat menimbulkan beberapa efek samping dan penyulit, antara lain sifat agresif, depresi, payudara membesar, suara membesar, testis mengecil, dan gangguan kesuburan.

Apakah Anda telah mengalami efek samping atau tidak, tentu harus dilakukan pemeriksaan. Khususnya yang berkaitan dengan gangguan kesuburan, diperlukan pemeriksaan. Yang pasti, kalau Anda telah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu tahun tetapi belum juga hamil, berarti Anda dan istri termasuk pasangan yang tidak subur.

Leave a Reply

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
free counters

Perkiraan Harga Blog Ini


ShoutMix chat widget

My Followers